oleh

Walikota Helmi Hasan Lepas 2 Penyu Hijau di Perairan Pantai Tapak Padri

Bengkulu.seribufakta.com – Untuk menjaga kelestarian ekosistem habitat Penyu di perairan luas diprovinsi Bengkulu, Pemerintah Kota bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan melepaskan 2 ekor penyu (Induk Penyu ke laut luas, Senin(1/102019) di bibir Pantai Berkas Kota Bengkulu.

Pelepasan penyu ini dipimpin langsung Walikota Bengkulu Helmi Hasan di dampingi Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Bengkulu Sapriandi,Yang kemudian dilanjutkan Penyerahan Bantuan perahu Nelayan Sebanyak 8 unit perahu.
Pelepasan Penyu ini sebagai wujud nyata Pemerintah Kota Bengkulu dalam pelestaraian habitat penyu di kota Bengkulu khusunya di Perluasan laut provinsi Bengkulu. Dikarenakan penyu kini telah menjadi perhatian dunia karena habitat penyu semakin berkurang dan langka, demikian disampaikan Walikota Bengkulu Helmi Hasan saat di temui dalam pelepasan penyu.
Kepada masyarakat dihimbau untuk ikut melestarikan spesies penyu, yakni dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari penyu telur maupun daging, tidak menggunakan barang-barang yang terbuat dari cangkang penyu, tidak membuang sampah plastik dan benda-benda lain yang berbahaya ke dalam laut, tidak mengganggu penyu yang sedang bertelur karena mereka dapat menghentikan proses bertelur apabila merasa terancam, tidak mengambil telur-telur penyu karena akan menghancurkan populasi mereka, menjaga kesehatan terumbu karang kita, dikarenakan terumbu karang yang sehat merupakan tempat makan dan tempat tinggal yang baik untuk penyu dan turut mendukung program konservasi penyu laut,”jelasnya.
“Untuk Bantuan Kapal kepada Nelayan Helmi Hasan Menjelaskan,”Ini Komitmen Pemerintah untuk membagikan dan merealisasikan APBD Untuk rakyat,dan khususnya Para Nelayan yang diharapkan dan dibutuhkan untuk menangkap ikan,adalah Perahu dan alat tangkap,dan ini yang kita Berikan,memang ini belum maksimal dan muda-mudahan dari tahun ketahun Nelayan dapatkan itu”sambung Helmi.
“Semoga hasil tangkap kita berkah dan banyak,mari kita dukung Pemerintahan Kota untuk memakmurkan Rumah Ibadah,dan apabilah Nelayannya muslim sebagian hasilnya kita sisikan untuk masjid,dan kalau nelayanya non muslim berikan ke gerejanya,”ungkap Helmi.
Helmi hasan juga menambahkan,”kita juga harus perhatikan pakir miskin dan anak yatim disekeliling kita,walaupun sedikit kita berikan kepada orang-orang yang membutuhkan Insakallah Berkah yang diberikan oleh Allah.”tutup Helmi.
Sementara itu Kadis Kelautan dan Perikanan kota Bengkulu Sapriandi mengatakan,Penyu-penyu yang di lepas ini merupakan hasil dari Nelayan saat menangkap ikan di perairan laut Bengkulu,kemudian penyu ini kita lepaskan lagi,Adapun jenis penyu Hijau yang dilepas hari ini yakni penyu Hijau,dimana penyu jenis lekang ini memiliki sisik yang sangat halus dengan bentuk sisik tengah yang membulat dan sisik samping memanjang,”jalas andi.
“Penyu yang di lepas ini berumur sekitar 8 atau 9 tahun,akan nantinya akan kembali lagi ke pesisir pantai dengan jarak 10 tahun lamanya untuk bertelur, yang mana penyu ini bisa bertelur sampai ratusan telur sekalinya dalam satu periode dalam setahun. jadi setelah bertelur ini kami akan menjaga dan menangkar telur ini sampai menetas kembali dan siap untuk dilepas kelaut, ini merupakan salah satu upaya di dalam menjaga kelestarian habitat penyu”, pungkas Pungkas Sapriandi.(hadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *