oleh

Warga Gunung Terang Gelar Tradisi Sedekah Rame Puyang Raje Penghulu

Kaur.seribufakta.com – Warga desa gunung terang gelar tradisi sedekah rame, mengingat Puyang Raje Penghulu berbarengan acara pejuang dalam menjadi NKRI yang sah di mata dunia, melalui kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Selasa 17 Agustus pukul 09 wib hingga selesai, Indonesia kembali merayakan kemerdekan RI ke-76 tahun 2021.

Dengan sudah suksesnya acara dirgahayu 17 Agustus tahun 2021, warga gunung terang mengingat para leluhur terdahulu mengadakan tradisi sedekah rame Rabu,18/08/2021.

Dalam tradisi sedekah ini warga sepakat mengadakan iyuran dengan:
1.Satu canting beras
2.2 batang kayu bakar
3.1 buah kelapa
4.Uang sebesar Rp.20.000

Dengan sudah sepakatnya warga gunung terang kecamatan Kinal Kabupaten Kaur pada akhirnya membeli 1 ekor kambing ulung putih hati sebagai simbol taubat nasuha atas kesalahan warga desa gunung terang dengan Allah SWT dan para leluhur.

Menurut jurayi tue desa gunung terang Tasrin warga mengadakan sedekah rame ini suatu bentuk wujud kebersaman untuk mengingat para leluhur kita agar arwahnya di ampuni serta di tempatkan surganya Allah SWT.
Melalui sedekah rame, hubungan persaudaraan tetap terjalin dan terjaga dengan baik.Ujar Tasrin.

Lanjutnya lagi warga mengadakan sedekah rame di rumah kami adalah hasil kesepakatan wakil jurayi dan utusan jurayi dengan tujuannya untuk meminta ma’af kepada:Puyang Raje Penghulu atas kesalahan, baik itu ucapan, perbuatan dan tingkah laku anak cucu Puyang Raje penghulu.Tutup Tasrin.

Disisi lain kepala desa gunung terang Taufik Ependi sangat mendukung kegiatan ini agar hubungan silaturahim tetap terjaga dengan baik dan tetap mendukung kegiatan ini di adakan setiap tahun. Ungkap kades.

Hal yang sama juga di sampaikan tokoh masyarakat desa gunung terang Indi Lismanto mengaprisiasi acara yang sakral ini agar wujud kebersamaan tetap terjaga dan jangan ada perpecahan dan dia berharap tahun 2022-2026 agar bisa di tuangkan dalam anggaran RPJM-des. Ungkap Indi ( Samsudin )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed