oleh

Wawako Pimpin Rakor Seluruh Camat

Bengkulu kota.seribufakta.com – Untuk mempercepat solusi penanganan sampah di permukiman dan perumahan di Kota Bengkulu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melakukan rapat koordinasi (rakor) di ruang kerja Wakil Walikota Bengkulu. Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dengan mendatangkan seluruh Camat di Kota Bengkulu, Rabu (11/3/2020).

Rapat tersebut membahas secara detail penanganan sampah di permukiman dan perumahan di Kota Bengkulu yang bisa dilaksanakan dalam waktu singkat.

Dalam rakor tersebut, diputuskan oleh Wakil Walikota Bengkulu untuk mengambil sejumlah langkah cepat yang dilaksanakan saat itu juga dalam penanganan sampah tersebut.

“Sangat perlu keterlibatan masyarakat dengan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penanganan sampah karena menurutnya penanganan sampah tidak bisa dilakukan hanya oleh satu OPD saja namun harus bergerak bersama, mulai dari perencanaan hingga anggaran. Ini merupakan kejadian luar biasa yang harus dengan penanganan yang luar biasa,” ungkap Dedy.

Wakil Walikota Dedy Wahyudi meminta seluruh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) disetiap kelurahan untuk memaksimalkan dalam penanganan sampah.

“Untuk itu setiap LPM apabila tidak maksimal dalam penanganan sampah akan ada pihak ke-3 nantinya untuk menangani hal itu untuk saling berkerjasama. Nantinya akan ada bak sampah untuk membedakan sampah organik dan non organik untuk memudahkan pengelolaan sampah tersebut,” ujarnya.

Dalam mendukung semua itu, Wawali juga meninta Linmas untuk menjaaga dan mengontrol tempat Bak pembuangan samapah. “Apabila terjadi pelanggaran kita akan tegakan peraturan daerah (perda), kita lakukan operasi tangkap tangan (OTT), Satpol PP juga akan berkontribusi dalam hal ini,” tambah Dedy.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syarnubi mengatakan bahwa pembahasan masalah penahangan sampah di permukiman perumahaan di Kota Bengkulu mendapatkan solusi dan masukan jntuk menangani semua itu.

“Solusi dan masukan kita terima sebagai ipaya mengatasi hal tersebut, kita akan mendata warga, setiap ketua RT kita imbau untuk melakukan pendataan kepada warganya, nanti dari pendataan itu kita lakukan pendekatan agar setiap warga berlangganan di LPM setiap kelurahan untuk masalah pembuangan sampah,” ujarnya.(Hadi/Adv/Mc).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed