oleh

Wisata Alam Air Terjun Muara Langkap Berpotensi

Bengkulu.seribufakta.com – Dengan di adakannya program desa wisata yang bertujuan mengangkat desa wisata menjadi bangkit dan Bengkulu menjadi maju seiring UMKM menjadi penggerak melalui program desa wisata,Senin (19/4/2021).

Bengkulu selatan memiliki potensi wista air terjun salah satunya di desa Lubuk Langkap yang begitu di kenal karena belum banyak diketahui orang luar tempatnya di dusun Lubuk Langkap yakni Desa suka maju kecamatan Air nipis Bengkulu Selatan.

Dusun Lubuk Langkap desa Suka Maju air nipis tidak hanya memiliki lokasi wisata air tawar Lubuk Langkap yang selalu ramai di kunjungi warga,namun di dusun ini juga tersimpan potensi wisata lain yang sangat indah yaitu Air terjun.

Air terjun Lubuk Langkap merupakan nama air terjun baru di Bengkulu Selatan bahkan nama ini masih asing di telinga hanya baru beberapa orang yang masuk dan merasakan airnya jernih dan dingin karena di hulunya hutan masih Asri dan pohon rindang.

Menurut penduduk setempat Bandarman menuturkan keberadaan air terjun ini di temukan di temukan oleh petani yang membuka Lahan perkebunan di daerah tersebut berdasarkan pengalaman nya setelah mencoba mengunjungi air terjun tersebut airnya sangat jernih dan saat mandi akan terasa sekali dingin dan sejuk airnya.

Di jelaskan Bandarman keberadaan lokasi air terjun ini jika wisatawan mau mengunjungi dari kota Bengkulu hanya berjarak sekitar 4 jam dengan kendaraan kalau dari kecamatan seginim Bengkulu Selatan hanya di tempuh waktu 20 menit sedangkan dari pusat kota Manna hanya berjarak 25 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan kendaraan maka hal ini sangat memungkinkan akan ramai dengan adanya program Desa wisata.

Dan untuk rute dari kota Manna sampai di jalan dua simpang sebelum jembatan palak Bengkerung kecamatan air nipis para pengunjung menelusuri jalan yang sebelah kiri kemudian dari simpang tersebut menempuh jarak 3 km setelah sampai di lokasi Lubuk Langkap dengan ada nya program desa wisata agar air terjun ini masuk dalam program tahun ini.

Selain itu hanya berjarak 3 km sudah sampai ke lokasi pemandian Lubuk Langkap dimana pemandian ini sudah ramai di kunjungi, setelah ini bisa menuju air terjun Lubuk Langkap hanya di tempuh jalan kaki memakai waktu 30 menit tutur Bandarman.

Setelah itu sambung Bandarman jalan nya masih jalan setapak yang di gunakan petani ke perkebunan dengan adanya program Desa wisata agar segera di tata jalanya disini pengunjung akan di suguhi suara kicauan berbagai macam burung karena hutan nya masih rindang.

Lalu sampai ke Lokasi, wisatawan akan menemukan letak air terjun yang paling indah yakni dengan ketinggian sekitar 10 meter , Air terjun nya di kelilingi oleh kayu yang Rindang sehingga lokasi air terjun tidak panas.

Di pinggiran air terjun adanya bebatuan besar yang bisa di gunakan tempat duduk sambil menunggu teman atau rekan yang sedang mandi sehingga dapat menambah suasana keakraban,air terjun ini airnya tidak terlalu besar namun bentuknya sangat indah sehingga dapat melengkapi suasana tentram dan damai.

Adapun jalanya masih sempit dan juga ada bagian yang menanjak namun hal ini tidak akan membuat wisatawan takut sebab jalan nya tidak terjal dengan adanya program Desa wisata mudah-mudahan mendapat prioritas menjadi ikut Lembah dan menjadi pemenang dengan demikian air terjun Lubuk Langkap akan menjadi distinasi wisata baru selain pemandian air tawar Lubuk Langkap.

Menurut penuturan Randi yang tinggal di Desa palak Bengkrung Bengkulu selatan dirinya memang sudah sampai di Air terjun dia terkesan sangat indah dan banyak di dengar di kalangan wisatawan karena terkendala jalan masih jalan setapak namun dengan adanya program Desa wisata nanti akan terpilih akhir nya menjadi Distinisasi wisata baru dan paporit nantinya (Sapli hayadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed