oleh

World Clean Up Day, Pemkot dan Sejumlah Relawan Sikat Sampah di Wisata Pantai Jakat

Bengkuli kota.seribufakta.com – Memperingati hari bersih-bersih sedunia yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD). WCD sendiri ialag salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.

Aksi World Cleanup Day sendiri merupakan aksi bersih-bersih serentak pada tahun 2008 yang diinisiasi pertama kali oleh organisasi masyarakat di Estonia Eropa Utara dengan sebutan Let’s Do It, yang mana kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan 50.000 orang untuk membersihkan seluruh negara dalam waktu lima jam.

Menyambut positif dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama komunitas pencinta lingkungan yakni dari HIMAILKA, BSTC UNIB, MSDC UNIB, PEM UNIB, IPDSI, Indonesia Iscorting Ambulance, KBBI Bengkulu, Pramuka UNIB, Analis Kesehatan, YOT Bengkulu dan Bencoolen Mall melakukan aksi bersih sampah di kawasan Pantai Jakat Bengkulu, Sabtu (18/9/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Medy Pebriansyah mengatakan aksi bersih pantai ini diinisiasi oleh World Cleanup Day (WCD) Indonesia yang dilaksanakan serentak di 187 Negara.

Aksi bersih pantai ini dapat mengurangi volume sampah di Kota Bengkulu, dan juga mengajak partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk cinta lingkungan serta membuang sampah pada tempatnya. Dalam kegiatan ini DLH menurunkan dua armada pengangkut sampah dan puluhan petugas kebersihan.

“Dengan lingkungan yang bersih diharapkan warga Kota Bengkulu akan lebih nyaman dan sehat. Masalah sampah tentu tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah namun memerlukan kesadaran bersama”, ungkap Medy.

Ia juga berkomitmen dalam menjaga lingkungan hidup khususnya di wilayah Kota Bengkulu, beliau mengajak seluruh masyarakat berperan serta dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Mari seluruh masyarakat Kota Bengkulu kita terus sukseskan kegiatan mulia ini, mari bersatu untuk Indonesia Bersih, dengan cara pilah sampah dari rumah untuk mencapai Kota Bengkulu bebas sampah,” tutupnya.(rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed