oleh

Tim Pendamping Haji Daerah Meranti Lakukan Persiapan Lempar Jumroh


Selatpanjang,SF – Saat ini seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia tengah persiapan melaksanakan ibadah Lempar Jumroh di Mina, termasuk JCH Meranti yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Antara Pekanbaru.
Namun sebelum kegiatan itu dilakukan Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) mulai melakukan persiapan dengan melakukan survei lapangan.
“Ya saat ini TPHD tengah melakukan survei ke Jamarat dan Mina dalam rangka persiapan membawa rombongan JCH Meranti untuk melaksanakan Lempar Jumroh dan bermalam di Mina,”kata Ketua Tim TPHD Meranti Ustadz Mustafa dari Kota Mekah, kepada Kabag Humas Sekda Meranti Hery Putra, Senin (29/7/2019).
Lebih jauh dijelaskan Hery, dari informasi yang diterimanya survei ini perlu dilakukan untuk melihat kondisi dilapangan secara langsung dengan begitu dapat meminimalisir segala kendala yang akan terjadi sehingga ketika prosesi Lempar Jumroh dilaksanakan berjalan dengan aman dan lancar.
Survei dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak terkait mulai dari Tim TPHD, Tim Kesehatan dan Ketua Rombongan dari tiap-tiap Kabupaten. Dari TPHD Meranti diwakili oleh Ustadz Mustafa dan Ketua Rombongan Andri Kurniawan.
Seperti diketahui, Melempar jumroh adalah salah satu wajib haji yang dilaksanakan oleh para jamaah haji. Tiga tugu yang terletak di Mina senantiasa dilempari dengan batu kerikil oleh jutaan jamaah haji. Melempar jumroh adalah simbol perlawanan terhadap setan. Perlawanan harus dilakukan terhadap setan karena mereka selalu berupaya untuk menyesatkan manusia dari jalan kebenaran dan menjauhkan dari jalan Allah SWT.
Dari informasi yang dikeluarkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, waktu lempar jumrah jemaah haji Indonesia dijadwalkan siang hari. Penjadwalan lempar jumrah di siang hari itu demi menghindari penumpukan dengan rombongan negara lain. Ditambah, waktu-waktu tersebut dianggap sebagai waktu afdal. Kendati demikian, sebagian jemaah terpaksa berangkat dini hari karena menganggap perlu untuk mengejar waktu.
Dan terkait jadwal Lempar Jumroh bagi JCH Kloter 6 yang terdiri dari Jemaah Kabupaten Meranti, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Inhu akan dilaksanakan pada Tanggal 10 Zulhijah 1440 H yang akan datang.
“Rencananya Lempar Jumroh di Mina akan dilaksanakan pada Tanggal 10 Dzulhijah mendatang, sejauh ini kondisi JCH Meranti dalam keadaan sehat wal afiat,”jelas Ustadz Mustafa. (MC Meranti/Humas/Na/YR).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed