oleh

Cara Membuat Rawon Lezat dan Nikmat

-Ekonomi-63 views

Seribufakta.com – Rawon adalah salah satu hidangan khas dari nusantara dalam bentuk sup daging yang memiliki kuah berwarna hitam dengan campuran bumbu yang khas. Salah satu bumbu yang sangat khas dari resep rawon sehingga menjadikan kuah dari hidangan yang satu ini menjadi berwarna hitam adalah kluwek. Sejauh ini rawon dikenal sebagai masakan khas dari daerah Jawa Timur.

Harus anda pahami jika rawon pada kenyataannya juga dikenal juka oleh masyarakat dari Jawa Tengah agak ke arah timur. Rawon merupakan salah satu hidangan masakan unggulan untuk sejumlah acara penting seperti momen pernikahan, lamaran, atau acara yang lainnya. Rawon juga sering sekali dihidangkan sebagai menu sehari hari di rumah. Rawon adalah hidangan masakan yang terbuat dari bahan dasar daging sapi.

Membahas tentang rawon, pada kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai resep rawon daging sapi yang lezat. Menu yang satu ini sangat pas untuk momen Idul Adha seperti saat ini dimana hampir semua orang mempunyai sejumlah stok daging sapi di rumah. Berikut ini adalah resep rawon dan juga cara membuatnya yang simple akan tetapi kelezatannya dapat menggoyangkan lidah anda.

  1. Bahan bahan untuk membuat rawon daging sapi:

– daging sapi sebanyak 500 gr

– daun bawang sebanyak 1 batang

– lengkuas sebanyak 1 ruas jari

– jahe sebanyak 1 ruas jari

– daun jeruk sebanyak 2 lembar

– daun salam sebanyak 1 lembar

– serai sebanyak 1 batang

– tomat sebanyak 1 buah

– air rendaman asam jawa sebanyak 1 sdm

– bawang merah goreng sebanyak 1 sdm

  1. Bumbu Halus untuk membuat rawon daging sapi

– bawang putih sejumlah 4 siung

– bawang merah sejumlah 7 siung

– kemiri sejumlah 4 butir

– kluwek sejumlah 3 butir

– garam sejumlah 1 sdt

– kaldu sapi bubuk sejumlah ½ sdt

– Penyedap rasa secukupnya

– lada bubuk sejumlah ½ sdt

– ketumbar sejumlah 1 jumput

– kunyit sejumlah 1 ruas jari

– gula merah sejumlah 1 sdm

  1. Cara untuk membuat rawon daging sapi

Untuk tahap pertama rebus terlebih dahulu daging sapi sampai matang dan juga memiliki tekstur empuk. Supaya daging sapi yang direbus cepat berubah tekstur menjadi empuk, anda dapat memasukan irisan dari buah nanas ketika sedan merebus daging. Angkat dan juga tiriskan daging sapi yang sudah empuk.

Kemudian haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender. Siapkan minyak goreng yang sudah dipanaskan secukupnya, tumis bumbu yang telah sebelumnya sudah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma harum dan juga matang.

Masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas, batang serai, dan juga jahe. Aduk hingga tercampur secara merata lalu tumis sampai mengeluarkan aroma harum. Matikan kompor, biarkan bumbu rawon beberapa saat.

Rebus air sejumlah 2 liter sampai mendidih, tambahkan bumbu rawon yang sebelumnya sudah ditumis  ke dalam rebusan air. Aduk sampai tercampur dengan rata. Tambahkan daging sapi ke dalam kuah rawon, masak sampai bumbu meresap dan juga daging sapi menjadi lebih empuk.

Masukan daun bawang, bawang goreng, dan juga buah tomat serta air rendaman asam jawa. Masukan garam dan juga bumbu lain yang dirasa masih kurang, masak lagi rawon sampai kuah mendidih lalu angkat dan hidangkan.

Hidangkan rawon bersama dengan tambahan tauge dan juga bawang goreng. Hidangkan juga bersama dengan sambal serta kerupuk udang supaya cita rasanya lebih sedap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.