oleh

Pulihkan Ekonomi, 55 KPM Warga Gunung Megang Terima BLT-DD Sambut Bulan Kemenangan 1443 H

Kaur.seribufakta.com
Pulihkan ekonomi, 55 KPM warga gunung megang terima BLT-DD sambut bulan kemenangan idul fitri 1443 H tahun 2022.

Dana desa adalah amanah dari undang-undang yang telah direalisasikan pemerintah yang dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tidak lain mengutamakan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat terutama desa tertinggal sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 72 ayat 2 undang-undang nomor:
6 tahun 2014.

Secara khusus terdapat peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)
/( “60/2014 “).

Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa adalah salah satu peraturan menteri dalam negeri yang keluar berbarengan dalam segepok peraturan negeri yang kejar tayang dan dilemparkan oleh menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo pada 31 desember 2014.

Permendesa PDTT nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang partisipatif dan berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan program pemerintah dan juga pemerintah daerah.

Dan nomor 13 tahun 2020 tentang penggunaan dana desa dengan regulasi kementerian desa PMK: 222/ 017/”2020 dalam pengelolaan dan prioritas penggunaan untuk pemulihan ekonomi dan pengembangan sektor prioritas yang ada didesa pasal 39 ayat (1) tahun 2021.

Dengan pemulihan dan pemerataan ekonomi yang telah diatur dalam regulasi kemendesa nomor 7 tahun 2021 untuk penggunaan dan pengelolaan dana desa (DD) tahun 2022.

Berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 dengan permendes dan permendagri serta kemendes diatas, sehingga lahirlah turunan tentang peraturan melalui..!!

Peraturan presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 untuk penggunaan dan pengelolaan dana desa tahun 2022.

Dana desa sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) huruf b ditentukan penggunaanya untuk:

QProgram perlindungan sosial berupa
bantuan langsung tunai ( BLT ) desa
paling sedikit 40%,program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%,dukungan pendanaan penanganan corona,virus desease 2019 ( Covid-19 )paling sedikit 8%,program sektor lainya 32%.

Berdasarkan regulasi diatas tentang penggunaan dan pengelolaan dana desa yang telah diatur dalam undang-undang dan Permendesa, Permendagri dan Perpres tersebut.

Orang nomor satu desa gunung megang kecamatan Kinal Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu dan stakeholder desa setempat mengundang untuk menyaksikan pembagian BLT DD bagi 55 KPM, Camat kecamatan kinal, akan tetapi beliau berhalangan hadir, pendamping desa, BPD, babinkantibmas, babinsa juga berhalangan hadir, tim nakes gedung wani serta stakeholder lainya.

Kepala desa Mersiawan dalam penyampaianya dikantor desa setempat mengatakan berkaitan dengan 55 keluarga penerima manfaat (KPM) mengharapkan, gunakan dan manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.

Lanjutnya lagi, beliau menghimbau kepada warganya terkhusus bagi 55 KPM untuk tidak membuat kisruh, kalaupun ada yang belum terselesaikan silakan hubungi stakeholder yang ada seperti pemerintahan desa atau pihak BPD desa setempat ucap kades mengakhiri,rabu (20/04/2022).

Sangkut SH sebagai pendamping desa menyampaikan kepada 55 KPM desa gunung megang, beberapa hari ini stakeholder pemerintahan desa telah melakukan penyemprotan/cat rumah sebagai tanda bukti bagi keluarga penerima manfaat (KPM BLT-DD) tahun anggaran 2022.

Dalam penyemprotan tersebut didampingi oleh pendamping desa dan babinkantibmas, dan hari ini akan direalisasikan BLT-DD bagi 55 KPM sekaligus menunjukan kartu vaksinasi. dan bagi yang belum siap di vaksin kita lihat dulu, apa yang bersangkutan memang tidak bisa divaksin atau bagaimana katanya kepada semua peserta yang Hadir dalam pembagian bantuan langsung tunai (BLT-DD) tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh babinkantibmas dengan candanya kepada 55 KPM, saya lihat secara kasat mata dengan wajah yang berseri-seri semua ini pertanda apa.(Samsudin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed